Bagaimana Mengenal Diri ?

Mengenal DiriMan arofa nafsahu faqod arofa robbah. Siapa yg mengenal dirinya maka ia mengenal Tuhanmya. Hadits atau kata bijak seorang sufi itu adalah menyarankan kita utk terlebih mengenal diri.

Konsep mengenal diri disini berarti mengenal baik apa yg menjadi kekuatan kita, kehebatan kita. Sekaligus satu paket dgn mengenal kelemahannya sebagai bukti syukur akan pemberianNya, Tentu kita sadar bahwa semua itu merupakan sifat Rahman dan Rahim nya Allah terhadap hambanya.

Kebanyakan dari kita lebih banyak yang hanya mengetahui setengah dari dirinya. Yaitu hanya mengenal kelemahannya saja. Kita terlalu banyak mengeluhkan kelemahan-kelemahan yang tampak dari dalam diri kita. Kita terlalu sibuk mengurusi kehebatan orang lain dimana disitulah yang tidak ada dalam diri kita.
Cara yang lazim kita lakukan adalah menangasah kelemahan kita sedemkian kerasnya, bahkan sampai menginvestasikan sejumlah dana untuk membiayai kelemahan kita agar bisa mengejar ketertinggalan.

Hasilnya? Memang ada perubahan, tetapi sehebat apapun kita bergerak di kelemahan tersebut pasti masih jauh tertinggal.

Ibaratnya, jika skor kota di bidang yang menjadi kelemahan tersebut 5 lalu kita investasikan sejumlah dana untuk meng-upgrade keahliannya maka tidak akan pernah mencapai skor 10. Mengapa? Karena dibutuhkan kerja ekstra yang luar biasa. Lelah, ya karena itu bukan merupakan jalan yang sesuai dengan kita.
Coba sekarang kita bergerak dengan kelebihan yang kita miliki. Sebut saja skornya 7, maka kita akan mengerahkan segala daya upaya dengan hati yang genbira mengoptimalkan kelebihan kita maka skor akan mencapai raihan tertinggi bahkan lebih. Ya, karena seluruh tubuh kita akan bersinergi untuk menvapainya, tidak ada penolakan.
Jangan sampai kita sibuk dengan kelemahan saja sehingga kita lupa mengoptimalkan kehebatan yang kita miliki.

Kita fokus dengan kelebihan kita agar kita berada pada jalur yang benar sebagai bukti syukur akan kelebihan yang kita miliki, dan hadapi dengan sabar apa yang menjadi kelemahan kita. Suatu saat pada saat butuh di tingkatkan maka kita baru tambah keahlian tersebut. Saya menyebutnya dengan menambah keahlian, bukan membiayai kelemahan.

Yuk kita kenal diri kita! Ada tools yg SIMPLE ga pale ribet, STIFIn finger print tes. AKURAT karena secara genetis ditesnya. APLIKATIF bisa digunakan untuk berbagai bidang.

Hubungi kami sekarang juga.
Yes! Sekarang saatnya untuk berubah.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + seven =